Membuat Transfer Jam Komputer ke LCD

 Artikel ini sebelumnya sudah pernah saya tulis di blogspot.com (yang kini sudah saya tutup). Sekarang dipindah ke sini, hehehe. 

Seperti biasa, sebelum lebih jauh kita melangkah, mari klik link INI. Kemudian kembali lagi ke halaman ini.

Pembaca untuk artikel ini ditargetkan kepada yang sudah terbiasa merakit mikrokontroler dan LCD serta memprogramnya. Sehingga, saya tidak perlu panjang lebar memberikan penjelasan mengenai detail pembuatan sismin (sistem minimum) mikrokontroler AT89S51. Juga IC MAX232.

Langsung saja ke pembahasan, dengan bantuan aplikasi dari VB6, dapat dibuat aplikasi pengiriman data secara serial dari komputer ke mikrokontroler. Hal ini bertujuan untuk mencoba pengiriman data secara serial secara terus menerus dengan sistem yang mirip dengan sistem transmisi data I2C (Interconnected IC). Mengapa demikian? Sebab, komunikasinya terdapat aliran perintah yang berurutan. Sebagai contoh, di I2C ada urutan perintah = alamat, tulis atau baca, data. Kalau di sini adalah perintah isi baris pertama LCD dan isi baris kedua LCD, itu dilakukan melalui satu saluran serial yaitu port comm 1 komputer.

Diagram Blok Rangkaian

Diagram Blok Rangkaian

Gambar tersebut terdiri dari satu IC MAX232, IC uC AT89S51, dan sebuah LCD 16×32, serta satu LED sebagai indikator penerimaan data satu frame. Frme di sini berarti frame data urutan perintah karakter pembuka “P” dan karakter penutup yaitu ENTER. Dan penempatan data yang akan ditampilkan ke LCD yaitu urutan data baris pertama dan urutan data baris kedua. Dalam program yang saya buat, data untuk baris pertama adalah data dari jam sistem windows.

Tampilan LCD

Tampilan LCD

Salah satu gambar yang diambil saat melakukan percobaan transferjam komputer ke LCD secara kontinyu, atau realtime.

Tampilan Aplikasi Dengan Visual Basic 6.0

Tampilan Aplikasi Dengan Visual Basic 6.0

Sedangkan gambar ini merupakan sopwer yang meberikan data ke mikrokontroler melalui serial Comm 1 secara kontinyu. Lihat, baris pertama merupakan jam terkini dari sistem komputer. Sedangkan baris kedua merupakan tampilan nama pembuat sistem ini, atau penulis.

Sedangkan tujuan dari artikel ini adalah memberikan pemahaman pembuatan antarmuka komputer dengan mikrokontroler serta pengiriman data dari komputer ke mikrokontroler secara kontinyu. Dalam aplikasinya, sistem ini dapat dibuat sebagai pengiriman informasi baliho atau tempat iklan jarak jauh menggunakan LCD ukuran besar. Contohnya, baliho bisa di jogjakarta, namun kantor periklanannya ada di Jakarta. Dari jakarta dapat langsung mengganti iklan melalui remot dan media yang ada yaitu berupa internet dan mungkin lainnya.

Mengenai file-file pendukung serta aplikasi Visual Basic-nya, dapat didownload pada LINK berikut.

DOWNLOAD

Password ZIP = www.asanoer.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.