MEMBUAT TOUR OVERLAY GUIDE ATAU PETUNJUK MELAYANG DALAM EXCEL

Untuk tulisan asanoer kali ini adalah bagaimana memberikan petunjuk awal (guide) dalam excel secara berurutan seperti dalam aplikasi website besar yang ada saat ini. Atau lebih jelasnya, silahkan Anda untuk melihat demo dalam aplikasi berikut dan silahkan kembali lagi ke sini.

Dari demo di atas pastinya Anda pernah melihatnya bukan? Nah bagaimana misalnya jika petunjuk guide itu disajikan dalam excel, mungkinkah bisa??

Jika Anda mungkin malas baca-baca artikel ada baiknya langsung download file contoh dari link berikut.

Namun jika memang penasaran silahkan untuk membaca trik step dan langkahnya berikut.

1. Silahkan Untuk Membuka Link Berikut.

Seperti biasa, anjuran asanoer adalah untuk membaca sedikit petunjuk dalam halaman ini.

2. Memulai Membuat Sheet

Silahkan untuk membuka sheet di excel Anda. Saran asanoer adalah dengan excel terkahir yaitu excel 2016. Kemudian buatlah tabel dengan header name berikut.

Kode
Item
Harga
Stok
Order
Total

Kemudian isilah data yang akan diproses di tabel tersebut seperti dalam contoh.

3. Mengcopy Sheet

Berilah nama sheet tersebut menjadi “Harga” kemudian copy sheet menjadi empat. Ingat sesuaikan dengan kebutuhan petunjuk yang akan dibuat. Untuk cara membuat nama sheet dan copy sheet bisa melihat artikel asanoer di ASANOER.COM – CARA MEMBUAT POP-UP DALAM EXCEL TANPA VISUAL BASIC pada bagian Duplikasi Sheet dan seterusnya.

4. Sheet Paling Kiri

Sheet yang terletak di paling kiri maka asanoer kasih nama “1” (terserah opsional). Dan seterusnya sampai sheet sebelum sheet “Harga”

Name sheeet

Name sheeet

Sheet yang dikasih nama angka adalah sheet petunjuk atau “tipuan” untuk pengguna. Artinya sheet tersebut tidak terpakai hanya untuk petunjuk saja. Trik ini dibuat karena excel akan menyimpan file dengan sheet aktif terakhir. Sehingga jika Anda menyimpan file excel pada sheet “2” maka saat Anda membuka file tersebut akan membuka sheet “2” langsung. Nah, maka dari itu, asanoer menyimpan file contoh di atas dan menutupnya saat sheet “1” aktif terbuka. Hal ini juga yang asanoer pakai dalam artikel excel sebelumnya.

 

5. Berikan Shape Di Sheet Awal Atau Paling Kiri

Sheet Name 1

Sheet Name 1

Asanoer memberikan nama sheet “1”. Sheet ini terletak paling kiri dari lainnya di worksheet. Shape berfungsi untuk memberikan petunjuk awalan buat user file Anda. Shape pertama dibuat transparan untuk menutupi tabel tipuan Anda. Shape berikutnya untuk menambahkan teks, Kemudian tambahkan shape untuk tombol “Next” dan tombol “Lewati Ini”. Dan berilah link untuk Next adalah ke sheet 2 dan Lewati Ini ke sheet Harga.

 

6. Sheet Name 2

Dalam sheet ini masih sama dengan sheet 1, hanya berbeda peletakan kotak petunjuk yang menyentuh ke bagian tabel sesuai topik petunjuknya. Dan berilah tombol yang sama. Link untuk tombol lewat masih sama namun untuk tombol next adalah ke sheet 3.

Sheet Name 2

Sheet Name 2

7. Sheet Terakhir

Jumlah sheet petunjuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun alangkah baiknya tidak terlalu banyak-banyak karena akan membosankan bagi user file Anda. Untuk sheet petunjuk terakhir nomor 3 hanya berisi tombol Mulai dan selamat belanja. Silahkan dilihat sendiri efeknya.

Sheet Name 3

Sheet Name 3

Dan pembuatan shape lengkap mengacu pada artikel berikut :

ASANOER.COM – CARA MEMBUAT POP-UP DALAM EXCEL TANPA VISUAL BASIC

ASANOER.COM – MEMBUAT FORM PENJUALAN DENGAN EXCEL DAN STATUS STOK BARANG

Terima kasih insyaAllah bermanfaat..

Sumber-sumber :

Demo : ASANOER.COM – CARA MEMBUAT CRUD DENGAN AJAX JQUERY DENGAN GAYA BOOTSTRAP

Gambar : ASANOER.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *