ASANOER.COM – MEMBUAT FORM PENJUALAN DENGAN EXCEL BAGIAN DUA

tabel-stok-barang

tabel-stok-barang

Beginilah rupa tabel stok yang sudah dibuat di artikel ASANOER.COM – MEMBUAT FORM PENJUALAN DENGAN EXCEL yang mana tabel ini akan menjadi referensi data untuk formulir penjualan pada sheet “ISI DOKUMEN”. File lampiran yang disertakan dalam artikel juga masih sama dengan file-file sebelumnya yang sudah Anda download (unduh). Namun bagi Anda yang belum mengunduh file ini maka dapat unduh dibagian link di bawah ini.

LINK – LINK – LINK (DOWNLOAD CONTOHNYA)

Di lain pihak untuk Anda yang telah megunduh maka silahkan dapat mencoba langkah-langkah berikut untuk melanjutkan formulir penjualannya. Dan Alhamdulillah, ASANOER.com telah menerbitkan kelanjutannya. Mari ikuti saja.

  • 1. Membuat Pilihan Nama Barang

Supaya user yang memakai dokumen ini dapat mengambil data nama barang dari tabel stok maka Anda perlu menambahkan sebuah pilihan (option list). Caranya, letakkan kursor excel ke cell kolom barang. Kemudian ikuti dengan membuka ribon menu “DATA” terus pilih “Data Validation”. Lihat gambar di bawah ini.

data-validation-excel

data-validation-excel

Tindakan tersebut akan memberikan Anda pengaturan “Data Validation” dalam tab “Settings” pilih “Allow”:”List”, lihat gambar berikut.

list-validation-excel

list-validation-excel

list-validation-barang

list-validation-barang

Oke, Anda sudah benar dengan tindakan yang sesuai dengan langkah-langkah tersebut. Lalu ikutilah gambar di samping yaitu pada kolom “Source” ketikkan “=barang”. Kenapa demikian, karena pada artikel sebelumnya telah dibuatkan name cell dengan nama “barang”, silahkan untuk sempatkan diri Anda untuk membaca lagi dalam artikel ASANOER.COM – MEMBUAT FORM PENJUALAN DENGAN EXCEL. Name cell ini dapat Anda buka lagi dengan tekan CTRL + F3. Dan akan membuka kotak pengaturan Name Manager seperti dalam artikel ASANOER.com tersebut.

Setelah benar-benar yakin benar dan tidak salah, maka klik saja tombolnya yaitu “OK”. Hal ini akan membuat cell yang tadi Anda pilih berubah menjadi sebuah opstion (pilihan). Lihat gambar di bawah ini, jika Anda dekati cell tersebut dengan mouse maka akan muncul tanda panah ke bawah, klik saja tanda itu.

pilihan-barang

pilihan-barang

Kemudian, karena baru satu cell yang dibuat, maka Anda perlu men-“copas”-nya ke seluruh cell dalam kolom “Barang”.

copy-paste-cell

copy-paste-cell

Pasti Anda sudah tahu cara “copas” dalam excel, dan lihatlah hasilnya, seluruh kolom “Barang” menjadi sebuah pilihan nama barang.

  • 2. Mengambil Data Harga Masing-masing Barang

Seharusnya saat user memilih salah satu nama barang dalam kolom “Barang”, maka secara otomatis dalam kolom “Harga” akan keluar nilai harga dari barang tersebut. Dan seharusnya, harga tersebut sesuai dengan yang ada dalam tabel stok. Untuk itu fungsi “VLOOKUP” akan digunakan.

fungsi-vlookup

fungsi-vlookup

Lihat gambar tersebut, fungsi VLOOKUP dimasukkan dalam salah satu cell kolom “Harga”. Pengertian fungsi ini menurut versi ASANOER.com adalah  mengambil data dari sebuah array cell dengan memberikan sebuah search dalam “lookup_value”. Untuk lebih jelasnya dari pada pusing, lihat formula berikut.

=IF(ISERROR(VLOOKUP($C6;stok;3;FALSE));;VLOOKUP($C6;stok;3;FALSE))

Dari formula ini, hasil VLOOKUP perlu dicek dengan IF ISERROR yang berarti, jika data tidak ada atau kosong maka abaikan. Namun jika tidak ada error, keluarkan nilai VLOOKUP terebut dari name cell “stok”. Silahkan lihat lagi artikel ASANOER.com sebelumnya. Name cell “stok” adalah name untuk seluruh tabel stok.

Supaya Anda tidak susah membuat formula satu-persatu dalam seluruh cell di kolom “Harga” maka lakukan hal yang sama dengan men-“copas”-nya seperti tindakan di atas. Lihatlah gambar ini.

copy-paste-cell

copy-paste-cell

cek-formula

cek-formula

Jika tidak ada kesalahan, maka hasilnya dapat dilihat seperti gambar di atas.

  • 3. Menambahkan Total Harga

Memang seharusnya ada kolom ini dalam setiap formulir penjualan. Silahkan Anda lihat nota-nota penjualan yang bisa Anda beli di toko-toko buku, pasti ada nomor, nama barang, jumlah order, harga, dan total harga per item.

formula-total-harga

formula-total-harga

Dan juga formulanya juga cukup mudah dengan mengalikan kolom “order” dengan kolom “Harga”. Masukkan formula ini dalam cell di kolom “Total” (lihat gambar di atas). Selanjutnya, seperti biasa, jika Anda kerepotan membuat satu-persatu formula ini di semua cell “Total”, maka cukup “copas” seperti tindakan “malas” seperti sebelumnya, hehehe.

copy-paste-cell

copy-paste-cell

  • 4. Mencoba Formulir

Tindakan terakhir Anda sebagai seorang pembuat dokumen ini adalah dengan mencobanya terlebih dahulu. coba masukkan nama barang dengan memilih dalam kolom “Barang” dan masukkan jumlah quantity di kolom “Order” bebas terserah Anda. Lihatlah seperti dalam gambar berikut.

masukkan-jumlah-order

masukkan-jumlah-order

Tindakan Anda ini akan mengubah angka-angka kolom “Di Order” dan “Sisa Stok” di tabel “STOK BARANG”. Silahkan lihat sendiri ya Gan.

pengurangan-di-tabel-stok

pengurangan-di-tabel-stok

Untuk hasil akhir akan nampak seperti di bawah ini. Kolom tabel di bawah adalah tambahan semata, dapat Anda kembangkan sendiri sesuai kebutuhan.

hasil-akhir

hasil-akhir

Dari hasil akhir ini maka, sudah sesuai dengan pesan yang dibuat dalam artikel ASANOER.COM – CARA MEMBUAT POP-UP DALAM EXCEL TANPA VISUAL BASIC yang sudah dibuat sebelumnya (lihat gambar di bawah).

halaman-awal

halaman-awal

Terima kasih.

ASANOER.com

Sumber-sumber.

Gambar screen shoot: hasil download ASANOER.com

Formula: Dari berbagai sumber yang ASANOER.com dapatkan di google.com

Terima kasih untuk semua pembaca ASANOER.com dan khususnya untuk keluarga serta istriku tercinta. InsyaAllah menjadi bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *